Tongseng Mbok Galak Solo hingga ke Lidah Cendana.

mbok galak
Sudah tahu kota solo kan?surganya bagi penggemar kuliner,nah belom lama ini escoret nyambangi Mbok galak untuk menguji kenikmatan sepiring Tongseng yg legendaris itu.
Jumlah kalender yang banyak menghiasi dinding warung itu,di dalam warung tidak terdapat AC seperti layaknya rumah makan yg sering kita jumpai.Hanya kipas angin yg berukuran kecil,itupun berputar sangat lambat.
Debu dari arang yang berterbangan dari hasil proses tungku untuk memasak,ternyata menambah nuansa menjadi lebih nikmat.
Soal rasa..???
Mau tehe..???

Warungnya kecil,agak nyempil,sempit dan ditambah juga bising oleh truk,bus yg lewat di depan warung itu.Tapi tidak menciutkan nyali bagi nama2 terkenal di tipi untuk nyambangi tempat ini tukul,akbar tanjung,amin rais tercatat pernah ke situ.
Tidak hanya nama2 itu saja,mantan Presiden kita alm suharto juga berlangganan tongseng dan sate racikan mbok galak. Coba aja cari di gugel..dengan kata search”mbok galak”.

mbok galak

CARA KE SANA : Sebagi info saja,lebih baik anda gunakan becak untuk menjagkau tempat ini. Jadi misal anda dari jogja bisa turun stasiun Purwosari atau balapan dan tanya aja tukang becak,dengan menyebutkan keyword”MBOK GALAK’,orang2 sudah pada tahu dan sudah kenal dengan rasanya. Ga jauh beda jika anda menggunakan bis,turun di terminal tirtonadi dan tanya aja beck.[red-ongkos dr Stasiun purwosari ke mbok galak Rp10rb].Jl.mangunkarkoro no 122 Sumber-Solo.

mbok galak

mbok galak

HAL YANG UNIK : Ternyata warung ini adalah pelopor dari warung2 sate,tongseng yang ada di seputaran jalan itu. “oalah mass..saya Buka warung ini,depan rumah masih sawah ..belom ada jalan” itulah petikan obrolan dengan mbok galak ketika berbicara asalmuasal warung ini. Di sebut Mbok galak karena Mbok galak ini,GALAK jika ada pembeli nunggu lama,maka pelayannya di GALAKin biar cepet melayani pembeli. Tapi,wotever tentang namalah…itu rasa bener2 nusuk lidah..tidak hanya itu,aromanya bener2 menusuk hidung saat memasuki warung itu.

mbok galak
mbok galak
RASANYA : Paduan aroma bumbu2 jawa sangat kental sekali,jahe merica dan di padu dengan daging yg lembut,membuat satu gigitan pada sesendok cukup dua kali kunyah langsung masuk perut. Daging bener2 empuk,lembut dan ukurannya relatif besar di banding tongseng yg pernah saya jumpai.
Dengan di bandrol 35ribu untuk 2 porsi,hanya ini bener2 murah buat ukuran rasa yg kita dapat.
Kuahnya sungguh kental dan lagi,bau amis kambing bener2 hilang.
Ditambah acar membuat setiap sendok yg kita makan punya kenikmatan tiadara tara.
So,barang siapa yg mau ke solo atau mau nyambangi tempat ini….hayukkkk lagi deh…!!!

mbok galak

Jujur,baru kali ini saya merasakan tongseng yg se-empuk,senikmat ini.
Jadi,jika anda nyasar kesolo…coba buktikan postinganku ini.

Salam

Pepeng
eScoret

59 Responses to “Tongseng Mbok Galak Solo hingga ke Lidah Cendana.”

  1. widi denbaguse says:

    Usul klo bisa sekalian buka cabang di Karawang
    biar penikmat tengkleng karawang dan sekitarnya ga jauh jauh ke solo
    syukur klo delivery order…

  2. widi denbaguse says:

    Menurut rekomendasi Mas Agus Wahyudi sang mantu..
    tengkleng nya ruarrr biasa mantafs..jd klo ke solo singgah dulu nyicip icip
    biar ketagihan…

  3. nevy says:

    Salam kenal, mas. Info tempat makannya asyik nih, apalagi saya punya rencana jalan-jalan ke Solo. Jadi tau mesti kemana klo mo kuliner diseputar Solo. thanks for the info :)

  4. indra1082 says:

    LAPEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR…………………

  5. detnot says:

    esuk2 moco postinganmu…….

    *ngeceeeeeeeeeeeeees

  6. ndutyke says:

    mungkin saya tidak akan makan dagingnya. tp kuahnya pastilah ENAK sekali ya bung? ;)

  7. sarah says:

    Wuaaaa aku ngiler tengkleng nya… Nyummy…

  8. ray says:

    Loh.. kok iki keycodene gule.. aku pengen tuku tongseng`e jeh peng :D

    jarang blusukan nang solo ki, sekaline blusukan keblusuk tenan.. trauma aku :D
    suk wes kapankapan yen dolan solo tak golekane.

    *no hp mu piro? info sek tak dapet ndak valid semua*

  9. gambarpacul says:

    walah…8 tahun nang solo ternyata enek sing kliwat to?

    sesuk lah …mampir

Leave a Reply

Search

Archives

Recent Posts

Recent Comments

Tags

Blogroll